Keistimewaan Pulau Pahawang

Pulau Pahawang merupakan sebuah pulau yang temasuk ke dalam wilayah Provinsi Lampung, lebih tepatnya terletak di Kecamatan Punduh Padada. Pulau Pahawang memang pulau yang sangat cocok untuk voyagers yang sangat menyukai kegiatan snorkeling atau foto-foto di sekitar pantainya yang masih bersih dengan gradasi warna biru lautnya yang memang luar biasa.


Sebenarnya letak keindahan bukan terletak langsung di Pulau Pahawang melainkan di beberapa tempat atau spot yang berada di sekitar pulau Pahawang. Umumnya para traveler hanya menggunakan Pulau Pahawang sebagai tempat untuk beristirahat makan siang atau sekedar meletakkan barang di homestay dan tempat-tempat wisata di sekitar Pulau Pahawang lah yang melengkapi kesenangan dan kegembiraan voyagers semua. Pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan spot-spot apa saja sih yang bisa dikunjungi di sekitar Pulau Pahawang selama berada di Pahawang.

1. Pulau Pahawang Besar

Pulau Pahawang Besar merupakan pulau utama. Disini terdapat penduduk, penginapan dan juga fasilitas lainnya. Luas pulau ini kurang lebih 1000 hektar dan di huni oleh kurang lebih 1000 kepala keluarga.Di Pahawang besar sudah terdapat fasiltias umum seperti puskesmas, dan juga sekolah. Biasanya pengunjung yang wisata ke pulau pahawang menginap di pulau pahawang besar.


2. Pulau Pahawang Kecil / Pasir Timbul 

Seperti namanya, Pualu ini isinya hanya pasir putih yang akan timbul atau terlihat ketika air laut sedang dalam kondisi surut. Kalau sedang pasang maka pulau ini tidak akan terlihat sama sekali. Saat paling baik untuk ke tempat ini adalah ketika siang hari. Tempat ini umumnya hanya digunakan untuk berfoto karena terdapat bukit yang bagus untuk digunakan sebagai background foto. Lokasi Pulau ini tepat bersebelahan dengan sebuah private resort yang dimiliki oleh warga asing. Tapi karena private jadinya tidak bisa bebas dikunjungi oleh wisatawan.


3. Pulau Kelagian Kecil 

Pulau Kelagian Kecil letaknya satu rute ke pulau Pahawang, jadi banyak operator tour yang menjadikan tempat ini sekaligus sebagai destinasi yang di kunjungi. Luasnya kurang lebih 1 hektar saja. Pengunjung biasanya memang lebih memilih pulau Kelagian Kecil dibanding pulau Kelagian Besar, karena suasana alamnya yang menurut banyak orang lebih indah terlebih karena suasana pantainya.


4. Spot Snorkling Taman Nemo 

Dari namanya sudah sangat jelas, disini merupakan tempat nongkrongnya para clownfish dengan jenis seperti yang terdapat pada film “Finding Nemo”. Spot Nemo ini letaknya tidak jauh dari Pulau Pahawang besar. Sebenarnya spot ini merupakan spot buatan yang dibuat warga sekitar untuk menjadi salah satu ciri khas dari Pulau Pahawang. Di tempat ini juga kita bisa berfoto di bawah laut dengan tulisan “Pulau Pahawang Wisataku”.

5. Spot Snorkling Cukuh Bedil 

Nah kalau tempat yang satu ini merupakan salah satu spot snorkeling yang paling oke, kedalaman spot disini hanya sekitar 1-3 Meter saja. Yang cukup bisa dibanggakan disini adalah karangnya. Karang-karang besar masih hidup dengan gagahnya. Warga sekitar Pulau Cukuh Bedil juga bisa dibilang cukup peduli dengan keadaan bawah laut di sekitar Cukuh Bedil, meskipun karang-karang di sana masih banyak yang hidup, mereka juga tetap melakukan budidaya karang di sini. Warga juga membuat tulisan Taman Laut Pahawang dekat budi daya karang tersebut. Cukup banyak terdapat anemon disini dan kalau ada anemon maka ada clownfish juga disana, hanya saja jumlah clownfish disini tidak sebanyak yang ada di Spot Nemo.


Dengan berlibur di Pulau Pahawang, bagi saya adalah liburan asik untuk melepas penat dengan harga yang cukup murah meriah. Tak perlu merogoh kocek yang dalam untuk refreshing sekedar menjauh dari rutinitas yang ada. Penasaran gimana enaknya liburan di Pulau Pahawang langsung kunjungi Paket Wisata Pahawang Murah Meriah Full Day.

2 komentar:

  1. Fantastic web site. Plenty of useful info here. I'm sending it to several pals ans also sharing in delicious. And obviously, thanks in your effort! facebook.com login

    BalasHapus